Cara Redirect 301 Permanen Ke Domain Baru Blogger Pakai Cloudflare

Cara Redirect 301 Blogger Ke Domain Baru

Cara redirect 301 dari domain lama ke domain baru Blogspot dengan Cloudflare diperlukan saat memutuskan untuk ganti domain. Biasanya redirect 301 ini bisa dengan mudah diatur melalui .htaccess. Namun sayangnya modifikasi file .htacess hanya bisa dilakukan jika memiliki hosting.

Umumnya pengguna Blogger hanya membeli domain saja tanpa hosting. Lantas apa solusi untuk redirect 301 dari domain lama ke domain baru jika menggunakan Blogger? Di artikel ini akan dibahas panduan dan tutorial lengkapnya.

1. Apa Itu Redirect 301?

Pengertian redirect 301 secara singkat adalah memindahkan permanen sebuah blog atau website dari suatu alamat (domain) ke alamat lain. 301 sendiri adalah kode respon dari server.

Jika blog sudah terindeks oleh mesin pencari, pengunjung akan mendapatkan error 404 atau halaman tidak tersedia jika belum melakukan redirect 301. Sebaliknya, jika telah dilakukan maka pengunjung akan langsung dibawa ke alamat baru.

2. Efek Redirect 301 Untuk SEO

Saya sering menemukan tutorial mengenai redirect Blogger dari domain lama ke domain baru menggunakan Javascript. Menurut saya prosesnya agak ribet karena harus backup artikel blog lama, lalu buat blog baru dan import artikelnya, dan redirect hanya mengandalkan Javascript biasa.

Javascript tereksekusi di sisi klien. Jadi alurnya redirectnya: pengunjung akan mengakses blog lama terlebih dulu, kemudian dialihkan ke blog baru. Proses redirect memang cepat dan kadang tidak terasa saat berpindah blog.

Sementara jika menggunakan redirect 301, semua trafik dan ranking yang telah didapatkan oleh domain lama akan ditransfer ke domain baru. Mesin pencari akan menganggap domain baru sebagai alamat yang benar. Jenisnya permanen dan berjalan di sisi server sehingga pengunjung akan langsung dialihkan ke blog baru tanpa perlu mengunjungi blog lama terlebih dulu.

Redirect 301 meyakinkan mesin pencari bahwa domain lama sudah tidak terpakai. Lama-kelamaan, hasil pencarian di SERP akan menampilkan domain baru.

3. Kelebihan Redirect 301

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan beberapa keuntungan dan kelebihan melakukan redirect 301 permanen di Blogspot menggunakan Cloudflare dibanding menggunakan Javascript biasa, yaitu:

  1. Backlink, trafik organik, dan ranking (DA, PA, DR, dll) dari domain lama akan ditransfer ke domain baru sehingga blog tidak akan kehilangan posisi di mesin pencari.
  2. Valid di Google Search Console.
  3. Tidak dianggap konten duplikat.
  4. Lebih praktis karena tidak perlu import / eksport artikel.

4. Cara Melakukan Redirect 301

Tutorial redirect 301 domain lama ke domain baru Blogger tanpa kehilangan trafik ini akan menggunakan bantuan Cloudflare . Jadi pastikan kamu sudah memiliki akun di sana ya. Saya akan bahas langkahnya satu per satu.

Sebagai pengingat, jika perlu redirect di blog yang sama dari artikel lama ke artikel baru bisa dibaca di . Kasusnya adalah kamu mengganti permalink sebuah artikel yang sudah terbit dan mengarahkannya ke permalink baru.

Oke, kita langsung ke pembahasan inti.

4.1. Tambah Domain

Pertama-tama, kamu wajib menambahkan domain lama ke akun Cloudflare. Di halaman utama, klik menu Add Site .

Redirect 301 Blogspot Domain Lama Blogspot Ke Domain Baru

Tuliskan alamat domain lama dan klik Add site lagi.

Cara Redirect 301 Blogger Tanpa Kehilangan Trafik

Kemudian pilih yang Free saja biar gratis!

Cara Redirect 301 Permanen Tanpa Hosting

4.2. Ganti Nameserver

Setelah itu, kamu perlu untuk mengubah nameserver. Di sana akan tertera keterangan nameserver lama yang perlu diubah dan nameserver baru milik Cloudflare yang harus dipasang.

Redirect 301 Tanpa Hosting SEO Friendly

Pergi ke registrar atau penyedia hosting tempat membeli domain. Akses menu untuk mengubah nameserver dan masukkan alamat nameserver baru yang diberikan oleh Cloudflare. Kalau tidak tahu caranya, lebih baik hubungi CS ( Customer Service ) terkait.

Redirect 301 Cloudflare Tanpa Hosting

Setelah diganti, kembali ke website Cloudflare dan klik tombol Done, check nameserver . Prosesnya mungkin tidak akan langsung, dan itu normal. Tunggulah beberapa menit. Saat sukses, bisanya Cloudflare akan mengirimkan email pemberitahuan dan status domain pun menjadi aktif.

4.3. Atur DNS

Setelah domain aktif, pergi ke menu DNS untuk menambahkan pengaturan CNAME dan A Record berikut ini. Catatan penting, semua awan jingga (orange) harus diaktifkan.

Type Name Target
CNAME www ghs.google.com
Redirect 301 Cloudflare Aman Untuk SEO
Type Name IPv4 address
A @ 216.239.32.21
A @ 216.239.34.21
A @ 216.239.36.21
A @ 216.239.38.21
Cara Pindah Domain Custom Blogspot

4.4. Atur Page Rules

Setelah urusan DNS selesai, pergi ke menu Page Rules dan masukkan dua pengaturan berikut.

URL Pick s Setting Select Status Code Enter Destination URL
domainlama.com/* Forwarding URL 301 - Permanent Redirect https://www.domainbaru.com/$1
www.domainlama.com/* Forwarding URL 301 - Permanent Redirect https://www.domainbaru.com/$1
Cara Ganti Domain Blogger dan Redirect 301
Klik gambar untuk ukuran lebih besar

4.5. Masa Propagansi

Semua pengaturan untuk redirect 301 ke domain baru Blogger pakai Cloudflare sudah selesai. Sekarang tinggal menunggu masa propagansi. Apa sih itu?

Masa propagansi adalah waktu yang dibutuhkan sebuah domain untuk mengenali atau terhubung dengan server setelah dilakukan perubahan DNS. Waktu yang diperlukan adalah up to 24 jam. Namun pada kenyatannya, sekarang ini jarang sekali masa propagansi yang memakan waktu selama itu. Paling juga kurang dari 1 jam. Pada kasus saya pribadi, saat melakukan redirect 301 ke alamat baru Blogger membutuhkan waktu 30 menit sampai proses perpindahan berjalan mulus dan domain tersambung sempurna.

5. Validasi Google Search Console

Langkah terakhir adalah mengajukan perubahan domain ke (GSC). Ini dilakukan dengan tujuan:

  1. Memberitahu mesin pencari bahwa blog telah berganti domain.
  2. Agar mesin pencari bisa merayapi domain baru dengan lebih cepat dan lebih baik.
  3. Menghindari tuduhan konten duplikat.

Pada tampilan awal GSC, pilih menu Settings dan klik Change of address . Saya pakai menu bahasa Inggris. Kalau punya kamu bahasa Indonesia tinggal sesuaikan saja ya. Posisi menunya sama kok.

Cara Ajukan Ganti Domain Ke Search Console

Di menu dropdown, pilih domain yang dimaksud jika propertinya sudah ada atau Add property jika belum.

Cara Validasi Ganti Domain di Google Search Console

Setelah itu klik tombol CONFIRM MOVE .

Cara Pindah Domain Redirect 301 Search Console

Beginilah tampilan GSC pada akhirnya. Di sana terdapat informasi bahwa perpindahan sedang dilakukan.

Cara Redirect 301 Search Console

Sekian panduan lengkap untuk melakukan redirect 301 ke alamat baru Blogspot tanpa hosting menggunakan Cloudflare. Sekarang semua hasil pencarian blog di SERP akan dialihkan ke domain baru sehingga tidak akan kehilangan trafik. Ranking blog tetap aman, dan pengunjung pun tidak akan tersesat ke halaman kosong.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama