Masalah Modem Speedy IndiHome Internet Mati - IT Wae

Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Internet Mati Modem IndiHome Speedy. Koneksi internet mati merupakan salah satu hal yang umum terjadi pada pengguna internet indihome speedy ataupun layanan internet yang lainnya, terlebih pada pengguna internet jenis Modem USB yang mengandalkan sinyal dari operator seluler.

Selaku pengguna layanan indihome speedy, tentu saja saya juga pernah mengalami hal yang sama, yaitu tiba-tiba internet tidak dapat terkoneksi dengan berbagai macam masalah, seperti lampu indikator internet merah, lampu indikator DSL / ADSL berkedip terus menerus atau lampu ADSL / DSL mati total, dan lain sebagainya.

Untuk itu, saya sangat menyarankan bagi pelanggan indihome speedy untuk tidak bertindak sembrono dalam menangani permasalah internet mati jaringan indihome speedy, terlebih bagi pelanggan yang masih awam dengan internet dan komputer.

Pembahasan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi pengalaman tentang cara mengatasi internet mati pada modem speedy indihome sesuai dengan apa yang pernah saya alami saat menggunakan modem ZTE ZXHN H108N.


Perlu di pahami, baik modem indihome fiber optic ataupun modem speedy / indihome tembaga, bahwa syarat wajib agar bisa terkoneksi dengan internet adalah.

Modem Speedy / IndiHome Tembaga .
  1. Setingan modem harus benar.
  2. Lampu indikator power modem harus menyala.
  3. Lampu indikator DSL / ADSL harus menyala normal (tidak berkedip).
  4. Lampu indikator Internet harus menyala normal / tidak berkedip, namun ketika melakukan browsing lampu indikator Internet harus berkedip yang menunjukkan adanya aktivitas internet.
  5. Lampu indikator LAN harus menyala jika menggunakan internet melalui Kabel Jaringan LAN.
  6. Lampu indikator WLAN harus menyala jika menggunakan internet melalui WiFi (Wireless Fidelity) yang menunjukkan wireless sudah aktif.

Modem IndiHome Fiber Optik.
  1. Setingan modem / ONT GPON harus benar.
  2. Lampu indikator Power modem harus menyala.
  3. Lampu indikator LOS / LINK harus menyala normal (tidak berkedip), jika lampu LINK mati atau lampu LOS warna merah, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah adanya masalah dengan sambungan kabel fiber optik, misal putus.
  4. Lampu indikator PON / AUTH harus menyala normal (tidak berkedip), jika lampu PON mati atau lampu AUTH mati, dan biasana ini di ikuti dengan lampu indikator internet MATI, hal ini secara umum disebabkan oleh adanya gangguan dari pusat telkom, entah itu adanya perubahan setingan pada ONT GPON ataupun gangguan jaringan, dan untuk mengatasinya, silahkan hubungi 147 atau hubungi teknisi yang melakukan pemasangan modem.
  5. Lampu indikator Internet harus menyala normal / tidak berkedip.
  6. Lampu indikator LAN harus menyala jika menggunakan internet melalui Kabel Jaringan LAN.
  7. Lampu indikator WLAN harus menyala jika menggunakan internet melalui WiFi (Wireless Fidelity) yang menunjukkan wireless sudah aktif.

Artikel Terkait.
  • .
  • .
  • .
  • .
  • .
  • .
  • .

Lantas bagaimana jika semua setting modem Indihome / Speedy sudah benar, namun internet tidak bisa konek atau internet mati ?, mungkin ini adalah salah satu kasus yang bisa saja terjadi.

Cara Mengatasi Gangguan Internet Mati Modem Speedy.

Internet mati dengan kodisi.
  • Lampu DSL / ADSL normal tetapi lampu Internet menyala terus (tidak berkedip).
  • Lampu DSL / ADSL normal tetapi lampu indikator internet mati.

Penyebab internet mati dengan kodisi lampu indikator DSL / ADSL menyala normal akan tetapi internet tidak dapat terkoneksi bisa saja di akibatkan oleh adanya kesalahan dalam melakukan setingan kode VPI dan VCI ataupun setingan Default Route yang tidak aktif.

Perubahan kode vpi dan vci ataupun perubahan setingan mode route non aktif modem speedy indihome umumnya terjadi kerena adanya pemadaman listrik secara tiba-tiba saat kita sedang menggunakan internet.

Cara Mengatasi.
  • Silahkan cek kembali kode vpi dan vci apakah sudah sesuai dengan area dan merek modem.
  • Silahkan cek Default Route, pastikan dalam kondisi aktif / Yes.

Internet Mati dengan kondisi.
  • Lampu DSL / ADSL Normal, namun lampu internet berwarna merah.

Penyebab koneksi internet tidak dapat tersambung dengan kondisi lampu indikator internet berwarna merah bisa terjadi karena di akibatkan oleh line kabel telepon yang terkelupas ataupun kondisi sambungan kabel yanng kurang baik.

Cara Mengatasi.
  • Cek sambungan kabel telepon pada terminal penghubung antara kabel telepon dan spliter.
  • Cek kabel LAN yang menghubungkan modem dengan HUB / Switch.
  • Cek port LAN pada modem atau pindah pada port yang lain.
  • Ganti spliter, karena kondisi spliter yang buruk bisa menyebabkan lampu indikator internet berubah menjadi warna merah, dan untuk memastikan kondisi spliter, silahkan terlebih dahulu melakukan bypass spliter dengan cara sambung kabel telepon langsung ke modem tanpa melalui spliter untuk sementara waktu.
  • Alternatif lain ntuk mengatasi masalah ini, silahkan cabut kabel adaftor, tunggu 2-3 menit lalu pasang kembali, namun begitu cara seperti ini tidak saya rekomendasikan mengingat selain tidak memiliki dasar juga hanya akan menambah ribet dan bikin EMOSI.

Internet Mati dengan kondisi.
  • Lampu DSL / ADSL mati total.

Penyebab koneksi internet mati dengan kondisi lampu indikator ADSL / DSL mati total bisa di sebabkan oleh adanya gangguan dari central Telkom ataupun akibat kerusakan pada kabel line telepon.

Cara Mengatasi.
Masalah tersebut kemungkinan besar adalah gangguan dari pusat telkom, namun ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sebelum menghubungi pihak telkom, antara lain.
  • Cek sambungan kabel telepon pada terminal penghubung antara kabel telepon dan spliter.
  • Ganti spliter, karena kondisi spliter yang buruk bisa menyebabkan lampu ADSL tidak menyala normal (berkedip), bahkan mati total, dan untuk memastikan baik buruknya kondisi spliter, silahkan terlebih dahulu melakukan bypass spliter dengan cara sambung kabel telepon langsung ke modem tanpa melalui spliter.
  • Cek jalur kabel dirumah anda, karena sedikit saja kabel terkupas dan berkarat bisa mengakibatkan jaringan internet terputus.
  • Untuk solusi yang terakhir silahkan telepon 147 untuk mendapakan penanganan lebih lanjut.

Internet Mati / Putus / tidak terkoneksi dengan kondisi.
  • Lampu Power normal.
  • Lampu ADSL / DSL normal.
  • Lampu INTERNET normal (tidak berkedip).
  • Lampu AUTH / PON normal.
  • Lampu LINK / LOS normal (tidak berwarna merah).
  • Lampu LAN menyala normal.
  • Lampu WLAN menyala normal.

Secara teori jika lampu Power, ADSL / DSL, Internet, LAN / WLAN, PON, AUTH, LINK, LOS menyala normal seharusnya internet dipastikan dapat berjalan dengan baik, namun begitu walaupun kondisi yang di tunjukkan oleh lampu indikator modem sudah normal akan tetapi terkadang koneksi internet juga masih mengalami gangguan atau internet tidak dapat tersambung.

Cara Mengatasi.
  • Matikan modem untuk beberapa saat (1 - 2 menit) dengan cara mencabut kabel power, kemudian coba hidupkan kembali modem.

Cara Mengatasi Masalah Internet Mati / Berkedip Modem IndiHome Fiber ONT GPON .
Secara umum kondisi internet indihome fiber optic dapat berjalan dengan normal adalah sebagai berikut.
  • Setingan ONT GPON harus benar.
  • Lampu indikator Power harus menyala.
  • Lampu indikator LINK / LOS harus menyala.
  • Lampu indikator AUTH / PON harus menyala.
  • Lampu indikator INTERNET harus menyala normal (tidak berkedip).
  • Lampu LAN harus menyala jika menggunakan internet melalui Kabel Jaringan LAN.
  • Lampu WLAN harus menyala jika menggunakan internet melalui WiFi (Wireless Fidelity).

Cara Mengatasi Internet Mati Modem Indihome Nokia G-240W-F Fiber Optic.
  • Lampu indikator Power mati : Silahkan cek switch on / off, adaptor, dan kabel power.
  • Lampu indikator LINK / LOS Mati : ini berarti tidak ada koneksi antar modem dengan kabel fiber optic, silahkan cek kabel fiber optic ataupun switch yang menghubungkan modem dengan kabel fiber optic.
  • Lampu Indikator AUTH / PON mati : ini menandakan tidak ada komunikasi antara modem dengan pusat telkom, silahkan hubungi 147 ataupun petugas pemasangan modem.
  • Lampu Indikator INTERNET berkedip atau mati total : berarti ada gangguan internet dari pusat telkom, dan biasanya dalam kasus ini lampu indikator AUTH juga ikut mati yang menandakan bahwa ada perbaikan jaringan ataupun setting koneksi internet dari pusat telkom, untuk mengatasinya silahkan menghubungi 147.

Dengan melihat permasalahan yang sering muncul pada Modem Speedy Indihome Fiber buat saya merupakan suatu tambahan ilmu, namun bagi anda yang masih awam dengan masalah koneksi jaringan internet tentu saja jusrtru akan membuat bingung.

Untuk itu sebelum mengambil tindakan sebaiknya pahami terlebih dahulu penyebab internet mati agar bisa mencari solusi yang terbaik.

Demikian tips yang bisa saya bagikan mengenai artikel tentang bagaimana cara menangani gangguan koneksi internet speedy indihome mati total.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama