Belum ada berita dan informasi terkait yang pasti sehingga banyak orang merasa panik.
Namun setelah di kaji oelh tim lebih dalam ternyata ada beberapa faktor penting yang bisa anda jadikan refernsi.
Lalu Mengapa Google mengalami penurunan CPC dan RPM pada awal tahun 2023?
1. Peningkatan Biaya Iklan Advertisement.
Biaya pasang iklan di google adsense memang ada kenaikan, Para pemilik bisnis kini wajib mempersiapkan diri untuk melihat biaya pasang iklan Google yang naik. Google telah mengumumkan perubahan harga yang sudah berlaku pada tanggal 1 Januari 2023 menyebabkan biaya pasang iklan Google menjadi lebih tinggi.
Jika penyebab diatas terjadi dalam waktu lama sudah pasti slot tayangan iklan akan menjadi sedikit dan menyebabkan CPC dan RPM turun.
2. Persaingan Iklan dan Perubahan Algoritme Google Adsense.
Algoritma Google AdSense selalu fokus untuk menampilkan iklan yang relevan dari berbagai penyedia iklan yang berpartisipasi. Algoritma ini mendeteksi konten, lokasi, dan preferensi pengguna untuk menentukan iklan yang tepat.
Kebijakan ini juga didorong oleh pengalaman pengguna yang semakin meningkat. Google Adsense telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa pengiklan dan penerbit mendapatkan pengalaman yang lebih baik.
Hal ini termasuk memperluas jangkauan iklan dan memperbaiki laporan untuk membantu penerbit memaksimalkan pendapatan dari iklan.
3. Faktor Resesi Ekonomi Dan Inflasi Mata Uang
Resesi ekonomi adalah masa ketidakstabilan perekonomian di seluruh dunia, ditandai dengan penurunan produktivitas dan output, turunnya upah, penghasilan, dan meningkatnya pengangguran.
Resesi ekonomi dapat berdampak signifikan pada Google AdSense, yang merupakan layanan iklan berbasis web yang disediakan oleh perusahaan Google INC. Ini adalah beberapa penyebab resesi ekonomi Google AdSense menjadi menurun.
Inflasi mata uang telah menjadi masalah yang menyebabkan turunnya pendapatan iklan Adsense.
Kebanyakan pembisnis yang bermain Adsense akan mengalami penurunan biaya beriklan mereka akibat inflasi mata uang. Kenaikan harga barang dan jasa memperngaruhi kondisi keuangan.
Hal ini menyebabkan biaya iklan Adsense turun, dan menyebabkan lebih sedikit orang yang bersedia untuk mengeluarkan uang untuk beriklan.
Inflasi juga menyebabkan pengiklan untuk mencari iklan yang lebih murah. dan pindah ke platform lain seperti Facebook, IG, Tiktok dll.
4. Kualitas Pengunjung Website Tidak Relvan.
Google Adsense telah meningkatkan pengawasan mereka untuk menghindari iklan yang tidak relevan atau tidak cocok dengan website anda, ini juga berpotensi menurunkan CPC dan RPM kalian.
Adsnese mengandalkan relevansi iklan yang ditampilkan di situs web. Jika pengunjung situs web tidak relevan dengan iklan yang ditampilkan, itu berarti mereka tidak akan mengklik iklan tersebut. Dan ini berarti tidak ada pendapatan yang diterima bahkan RPM pun akan ikut menurun dengan sendirinya.
Jadi Penurunan CPC dan RPM Google pada awal tahun 2023 disebabkan oleh beberapa faktor diatas, termasuk peningkatan persaingan di ruang iklan digital, perubahan algoritme Google, dan penurunan advertise.
Lalau apa yang harus kita lakukan agar CPC dan RPM kita kembali normal?
Berikut tips cara meningkatkan dan mengembalikan pendapatan adsense:
1. Personalisasi Dan Sortir Ads Pada Akun Adsense Anda.
Cara Sortir Dan Blokir Iklan Adsense:
- 1. Buka Akun Adsense
- 2. Klik Keamanan Merek.
- 3. Klik Pusat Peninjauan Iklan.
- 4. Pilih Dan Klik Ikon Blokir Di Bawah Display Iklan.
2. Meningkatkan Pengunjung Yang Berkualitas.
3. Monitor Google Webmaster Tools
4. Penutup
Kita harus tetap tenang dan menyadari bahwa CPC maupun RPM Google Adsense turun sejak awal tahun bukan hal yang aneh. Penomena ini selalu terjadi tidak hanya sekali.