Cara Melihat Spesifikasi Laptop / Komputer - IT Wae

Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer Laptop / Notebook. Spesifikasi adalah sebuah jenis perincian data, dalam hal ini jika kita berbicara tentang spesifikasi komputer berarti yang di maksud adalah perincian tentang data hardware (perangkat keras) maupun software (perangkat lunak) yang ada di dalam sebuah perangkat komputer.

Dengan melihat spesifikasi laptop dan komputer atau perangkat keras (hardware) yang ada didalam perangkat komputer yang kita miliki, sehingga kita dapat menentukan jenis perangkat lunak komputer (software) yang akan kita pasang pada komputer tersebut, supaya kita tidak salah dalam pemasangan aplikasi yang sesuai dengan kemampuan komputer kita sendiri.

Sebagai contoh, jika anda adalah pengemar game atau suka bermain dengan dunia grafik, misal desain grafis atau editing video, tentu saja spesifikasi komputer yang dibutuhkan jauh sangat berbeda dengan jenis spesifikasi komputer yang hanya digunakan untuk kebutuhan aplikasi perkantoran ataupun untuk kebutuhan browsing.

Manfaat lain yang bisa kita ambil dengan mengetahui spesifikasi komputer adalah supaya kita dengan mudah menentukan jenis driver apa yang dipakai, agar kita tidak dipusingkan lagi dengan driver komputer saat kita ingin melakukan instal ulang komputer jika terjadi masalah dengan sistem operasi yang kita gunakan, entah itu akibat virus ataupun saat kita ingin mencoba menginstall atau menggunakan sistem operasi komputer yang baru.

Berikut cara yang paling mudah untuk mengetahui spesifikasi komputer secara detail, yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi / software CPU-Z, dimana dengan memasang aplikasi CPU-Z ke dalam komputer, maka secara otomatis anda akan mengetahui secara detail segala hardware dan software yang terpasang di dalam laptop / komputer.

Selain dapat digunakan pada platform Windows, ternyata CPU-Z juga tersedia untuk sistem operasi Android, sehingga dengan memanfaatkan aplikasi CPU-Z, maka anda akan dapat dengan mudah mengetahui dan melihat spesifikasi Android yang kita miliki.

Artikel Terkait.
  • Cara Melihat / Mengetahui Spesifikasi Android.

Cara Melihat Spesifikasi Android Komputer / Laptop Menggunakan CPU-Z.

1. .
2. Kemudian Install, selanjutnya secara otomatis akan muncul spesifikasi hardware dan software yang digunakan oleh perangkat komputer anda, seperti.
  • Nama dan nomor prosesor, nama kode, proses, paket, tingkat cache.
  • Mainboard dan chipset.
  • Jenis memori, ukuran, pengaturan waktu, dan spesifikasi modul (SPD).
  • Pengukuran waktu nyata dari frekuensi internal masing-masing inti, frekuensi memori.
  • Graphics.
  • Nama dan jenis Sistem Operasi (OS) yang digunakan.
  • Dan lain-lain.


Cara lain yangbisa digunakan untuk mengetahui spesifikasi komputer beserta sistem operasi yang digunakan secara lengkap dengan menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh sistem operasi windows melalui menu Run, dan caranya adalah sebagai berikut.

1. Silahkan klik Start , lalu pada kotak pencarian, silahkan ketikkan perintah dxdiag lalu OK/ Enter .


2. Selanjutnya pada tampilan DirectX Diagnostic Tool, klik Yes .


3. Kemudian akan muncul semua data tentang perangkat keras dan sistem operasi yang kita gunakan secara detail.


Demikian artikel yang bisa saya bagikan tentang bagaimana Cara Cek Spesifikasi Komputer, Laptop, Notebook, dan Netbook.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama